Sistem Komunikasi VoIP

。◕‿◕。 WELCOME TO MY BLOG 。◕‿◕。


Assalamualaikum Wr. Wb kawan kawan Jurip

Kali ini kita akan membahas seputar sistem komunikasi VoIP. Udah pada tau belum sih? apa itu VoIP dan bagaimana cara komunikasinya? hehehe kalau mau tau lebih lanjut yuk simak materi dibawah ini.....



 A. Voice Over Internet Protocol
Salah satu contoh VoIP berbasis open source adalah Briker. Briker merupakan inovasi terbaru dalam bidang yang dikembangkan oleh Anton Raharja. Sama seperti VoIP Rakyat, Briker  dikembangkan dengan basis open source. Briker mulai dikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008.

1. Konsep Kerja Server Softswitch
Softswitch merupakan kumpulan dari  beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IO. Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal bagian software yang mengatur call prosessing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menciptakan suatau alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalam bentuk paket circuit. Industri pertelekomunikasian menyimpulkan cara yang terbaik, yaitu dengan memisahkan fungsi call processing dari fungsi switching  secara fisik dan menghubungkan keduanya melalui suatu protocol standar tersendiri.

2. Prinsip Kerja VoIP
Prinsip kerja VoIP, yaitu mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket data digital, kemudian dari komputer tersebut diteruskan melalui hub/router/ADSL modem dan dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui tujuan yang sama. Selain itu, dapat juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan dapat diterima oleh telkom tujuan.
Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital, yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah kebentuk data digital dengan Analog to Digital Converter ( ADC ). Selanjutnya, data digital tersebut ditransmisikan dan penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan Digital to Analog Converter ( DAC ). Begitu juga dengan VoIP data digital digitalisasi voice dalam bentuk packet data kemudian dikirimakn dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima.

3. Proses Kerja PBX Softswitch
a. Pengertian PBX
Private branch exchange ( PBX ) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan. PBX menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat dijangkau oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk. Keuntungan utama dari sistem PBX adalah penghematan biaya pada panggilan karena tidak menggunakan pulsa. Selain itu, sistem PBX juga dapat menghindari bentrokan jaringan telepon internal dalam suatu tempat.

b. Fungsi PBX
Ada beberapa fungsi PBX, yaitu sebagai berikut.
Penghubung antar jalur jaringan telepon dengan telepon menggunakan nomor yang dituju.
Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
Mematikan sambungan antar koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
Layanan otomatis panggilan

c. Cara Kerja PBX dalam Server Sofswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri atas satu atau lebih telepon internet SIP, IP PBX server, dan opsional VoIP gateway yang terhubung ke jalur telepon tradisional. Fungsi IP PBX hampir sama dengan cara kerja proxy server.

d. Kebutuhan Bagian Komunikasi PBX pada Server Softswitch
Adapun kebutuhan bagian komunikasi PBX pada server sofswitch, yaitu sebagai berikut.
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC atau call agent adalah elemen utama softswitch yang berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interdaksi elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan krakteristik yang berbeda, termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signaling gateway (SG)
Signaling Gateway (SG) menciptakan sutau jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP di bawah kendali dari MGC.
3. Media Gateway (MG)
Media Gateway berfungsi sebagai elemen transpor untuk merutekan traffic dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima traffic dari jaringan lain yang berbeda seperti PSTN, PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan.
4. Media Server
        Media server melaksanakan funginya, yakni untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Jika diperlukan, media server akan mendukung Digital Signal Processing (DSP).
5. Feature Server
        Future Server menyediakan fasilitas atau layanan seperti biling dan multiparty konverensi. Future Server menggunakan suber daya dan layanan terkait dengan komponen lain pada softswitcht tersebut misalnya gatekeeper

6. Operating Support System (OSS)
OSS merupakan elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan seperi manajemen jaringan, profisioning, biling, monitoring, dan statistik.

4. Komponen fungsional VoIP

Beberapa komponen yang harus ada dalam VoIP, yaitu protokol, VoIP server, softswitch, softphone, dan VoIP

a. Protokol
 Ada beberapa jenis protokol yaitu sebagai berikut :
1. TCP/IP merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet.
2. Applicatio Layer, fungsi utama application layer adalah pemindaian file.
3. Transmission Control Protocol (TCP), merupakan protokol yang connection oriented, artinya menjaga realibilitas hubungan komunikasi N to N.
4. User Datagram Protocol (UDP), adalah salah satu protokol utama diatas TCP. UDP merupakan transfer protokol yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP.
5. H.323, merupakan standar yang menentukan komponen protokol dan prosedur yang menyediakan layanan komunikasi multimedia.

b. VoIP Server
Asterisk adalah IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut Voice over Internet Protocol (VoIP) antar pengguna telepon. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon reguler dengan telepon berbasis SIP.

c. Softsiwtch
 Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antar jaringan sirkuit dengan jaringan paket..

d. Softphone
 Softphone memiliki jenis beragam, baik dari kemampuan maupun lisecnsi. Saat ini banyak softphone yang disebarkan dengan lisensi gratis. Bahkan, ada yang menyediakan lisensi software gratis sekaligus layanan jaringan VoIPnya. Skype salah satu penyedia softphone cuma-cuma, sekaligus layanan PC- to- PC call yang prima.

e. VoIP
 Gateway digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda, yaitu antara jaringan H.323 dan jaringan  non H.323. Cara menghubungkan dua bentukk jaringan yang berbeda dilakukan dengan menterjemahkan protokol-protokol untuk call setup dan release  serta mengirimkan informasi antara jaringan yang terhbung dengan gateway.

5. Layanan VoIP
 Secara umum layanan VoIP dapat dibagi menjadi empat, yaitu computer to computer, computer to phone, phone to computer, dan phone to phone.

a. Computer to Computer
 Layanan computer to computer merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Pengguna dapat menggunakan komputer yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama.

b. Computer to Phone
Layanan computer to phone merupakan layanan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) atau mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Contohnya Skype.

c. Phone to computer
Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Penyedia layanan yang mendukun layanan ini salah satunya adalah Skype.

d. Phone to phone
Layanan phone to phone dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang dihubungkan dengan VoIP adapter.Guna menggunakan layanan ini pengguna harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP.

Selain keempat jenis layanan dasar diatas, juga terdapat produk dan layanan tambahan yang dijual secara terpisah, contohnya sebagai berikut :

1. Web to Phone
Layanan web to phone merupakan suatau produk yag memungkinkan suatu perusahaan memiliki website dengan kemampuan multimedia sehingga dapat berbicara langsung dengan customer-nya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

2. Fax Over IP
Layanan Fax Over IP merupakan layanan pengiriman fax tetapi melalui jaringan IP.

3. Voice Messaging
Layanan voice messaging merupakan layanan yang dapat menerima dan mengirimkan voice messaging dari mana saja dan kapan saja.

4. TV Station 
Produk ini ditujukan kepada pengusaha stasiun TV yang menginginkan acaranya tetap dapat disaksikan oleh penonton walaupun tetap berada di kota atau bahkan negara lain di luar jangkauan TV tadi

5. Web Cast
Web cast adalah layanan berbasis web yang merupakan aplikasi real time online  maupun offline.

6. Quality of Service (QoS) 
Quality of service (QoS) diedfinisikan sebagai suatu pengukuran tentang seberapa baik jaringan. QoS juga disebut suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari suatu layanan atau jaringan. QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baim dari traffic jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda. Beberapa parameter performansi dari jaringan IP, yaitu delay, jitter, packet loss, dan  throughput.

a. Delay
Delay didefinisilkan sebagai total waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dati satu titik ke titik yang lain yang menjadi tujuannya.

b.  Jitter
Jitter didefinisikan sebagai dari delay atau  variasi waktu kedatangan paket.

c. Packet Loss
Packet Loss  adalah perbandingan seluruh paket IP yang hilang dengan seluruh paket IP yang dikirimkan antara pada source dan destination. Beberapa penyebab terjadinya paket loss, yaitu sebagai berikut.
1) Congestion, disebabkan terjadinya antrian yang berlebihan dalam jaringan.
2) Node, yang bekerja melebihi kapasitas buffer.
3) Memori yang terbatas pada node.
4) Policing atau kontrol terhadap jaringan untuk memastikan bahwa jumlah traffic yang mengalir sesuai dengan besarnya bandwidth.

d. Throughput
Throughput adalah jumlah total kedatangan pakt IP sukses yang diamati di tempat pengukuran pada destination  selama interval waktu tertentu dibagi oleh durasi interval waktu tersebut.

Semoga Bermanfaat :D

Wassalamualaikum Wr, Wb.

。◕‿◕。

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Komunikasi VoIP"

Post a Comment